Cara perawatan motor matic agar tidak mati mendadak
Seperti yang kita tahu sekarang lagi ngetrend motor matic, apalagi buat cewek memang pas makenya. kelebihan motor matic ini simple. tidak capek over gigi lagi kalau pas tikungan, otomatis pada saat start motor. kesimpelan seperti itu yang membuat motor matic semakin di gandrungi oleh berbagai kalangan.
jika anda memiliki motor matic saya akan memberikan tips untuk merawat dan menjaga motor matic baik itu motor matic honda, motor matic yamaha maupun motor matic suzuki:
1. di pagi hari, anda wajib memanaskan motor anda. jangan langsung di pakai jalan
2. rutin mengganti oli mesin. untuk jangka waktu penggantian oli mesin setiap perjalanan 2000 km. bisa dilihat di speedo meter motor matic anda.
3. ganti busi dengan busi asli bukan yang palsu.
busi palsu selain tidak tahan lama,bahkan bisa saja sehari pakai sudah rusak. juga membahayakan mesin motor matic anda.
ciri ciri busi palsu dan busi asli yaitu
- tidak ada kode produksi
- bagian bawah busi /electrode gap (tempat percikan api) kalau yang palsu pas kita beli bungkusnya pakai kertas. untuk merk NGK(asli) tidak pakai bungkus, merk Denso pakai bungkus plasiik(asli)
- yang palsu ada tulisan Japan. kalau yang asli merk NGK tulisannya NGK bukannya japan.
BUSI ASLI |
BUSI PALSU |
4. rutin mengganti oli transmisi setiap 7000 km.
5. ganti v-belt jika kilometer sudah menunjukkan angka 18.000 - 20.000 km.
jadi anda harus melihat berapa jauh perjalanan anda melalui kilometernya. ciri ciri yang bisa anda rasakan sebelum putus ialah motor jadi tidak enak seperti biasanya, tarikan motor serasa berat ketika anda gas, penyebap cepat putusnya v-belt tersebut biasanya perjalanan jauh tanpa istirahat misalnya puluhan kilo. itu bisa mempercepat umur v-belt,malah bisa bisa sebelum 18.000 km v-beltnya bisa putus/rusak. kalau anda tidak mengerti lebih baik biar bengkel saja yang menggantinya.
6. cek kondisi accu/ aki motor matic anda setiap saat
aki sangat penting buat motor matic anda. anda harus mengetahui cara merawat accu/aki agar awet dan tahan lama.
- jangan biarkan air accu/aki sampai kering
- jangan mengisi air accu/aki sampai kepenuhan. lihat tanda bagian upper. kepenuhan bisa menyebapkan karat pada aki.
- jangan memencet kick starter terlalu lama. asal sudah hidup segera lepaskan. jika anda memaksakan kick starter yang tidak bisa hidup akan mempercepat rusaknya accu/aki anda
- rajin rajinlah membersihkan kepala terminal/kepala accu/aki. membersihkannya cukup dengan air panas
Demikian lah artikel tentang cara merawat motor matic yang bagus, semoga anda tetap semangat dan rajin merawat motor matic anda. kan malu sudah keren keren berdandan tiba tiba motor mati mendadak.
I really appreciate your professional approach. These are pieces of very useful information that will be of great use for me in future.
ReplyDeleteNice post, things explained in details. Thank You.
ReplyDeleteGreat article, Thanks for your great information, the content is quiet interesting. I will be waiting for your next post.
ReplyDeleteVery great post. I simply stumbled upon your blog and wanted to say that I have really enjoyed browsing your weblog posts. After all I’ll be subscribing on your feed and I am hoping you write again very soon!
ReplyDeleteoli gardan harus sering di ganti gk?
ReplyDeleteSaya menggunakan Busi Iridium di motor matik saya. Samapai saat ini tidak ada kendala dan sudah 4 tahun pakai blm di ganti.
ReplyDeleteHarrah's Hotel And Casino - Joliet MS - JT Hub
ReplyDeleteGuests staying 서귀포 출장안마 at Harrah's Hotel And Casino - 안동 출장마사지 Joliet MS 경주 출장샵 enjoy a full casino experience with more than 1,600 용인 출장안마 slots, 춘천 출장마사지 70 table games, an on-site spa,