Tambelankepri Blog memberikan informasi tentang Tambelan kepulauan riau

Sejarah tanjung pinang

Sejarah tanjung pinang

tanjungpinang masa lalu
Tanjungpinang tempo dulu

Sejarah tanjung pinang

Sejarah tanjung pinang bermula ketika tanjungpinang menjadi basis politik ratusan tahun yang lalu,ketika itu Sultan Mahmud Malaka melarikan diri setelah kalah bertempur melawan portugis. Pelabuhan dagang yang besar ketika itu ada di tanjungpinang. banyak pedagang yang datang dari seluruh negeri datang.diantaranya dari india dan cina dan belahan negara kutub utara.

Pulau Penyengat
Sejarah Pulau penyengat dulunya adalah kerajaan, disana terdapat istana kerajaan yang sampai saat ini berdiri dengan kokoh.selain istana, terdapat makam penulis terkenal yang bernama Raja Ali Haji. Buku tentang tata bahasa melayu pertama kali ditulis oleh Raja Ali Haji. selain itu Raja Ali Haji juga terkenal dengan karya lainnya yaitu Gurindam 12. Raja Ali haji merupakan sastrawan dari riau lingga

Sejarah Pulau penyengat
Pada tahun 1784 Raja Haji Fisabilillah bertempur melawan belanda dan meninggal dalam peperangan itu. Raja Haji Fisabilillah adalah seorang raja melayu yang terkenal karena keberaniannya, kerajaan Raja Haji Fisabilillah dapat kita lihat di pulau penyengat. sampai sekarang istana kerajaan dapat kita lihat di pulau penyengat tidak jauh dari kota tanjungpinang. sejarah kebudayaan riau dapat anda lihat salah satunya di pulau penyengat.

Mesjid Pulau penyengat
di pulau penyengat terdapat mesjid yang sekarang ini masih berdiri dengan megah. menurut sejarah mesjid sultan riau pulau penyengat dibangun dengan bahan campuran putih telur,pasir dan tanah liat.
bangunan mesjid dibangun pada tahun 1832 dan telah ditetapkan sebagai cagar budaya oleh pemerintah, bangunan mesjid ini di dominasi dengan warna kuning dan ornamen khas melayu ini memiliki 4 tiang beton. pada tiap sudut mesjid terdapat menara tempat bilal mengumandangkan azan. di dalam mesjid terdapat musyhaf al-quran berumur 146 tahun karya Abdurahman sitambul yang dibuat pada tahun 1867. mesjid ini juga menjadi simbol masyarakat melayu riau terhadap penjajah belanda.
selain mesjid terdapat juga makam engku putri raja hamidah, makam raja haji abdullah yang dipertuan muda riau ke 9, makam Raja Ali Haji.
mesjid pulau penyengat
Mesjid Pulau penyengat

1 comment:

  1. I really appreciate your professional approach. These are pieces of very useful information that will be of great use for me in future.

    ReplyDelete

Popular Posts

Copyright © 2013 Tambelan Kepulauan Riau Blog | Partner Pathmo Media And Oto News