Tambelankepri Blog memberikan informasi tentang Tambelan kepulauan riau

System idle process 99%

System idle process 99%

windows task manager
System idle process 99%
System idle process adalah satu atau lebih kernel thread yang berjalan ketika tidak adanya kernel thread yang dijadwalkan oleh cpu.
kernel thread sendiri adalah bagian dari software dari suatu sistem operasi yang bertugas mengelola permintaan dari program dari komputer kita untuk mengakses hardware secara aman. 
untuk mempermudah saya lebih senang menyebutnya proses yang dilakukan oleh cpu/prosesor.karena saya sendiri tidak begitu paham istilah tekhnisnya.kalau kita melihat melalui task manager terlihat bagaimana sibuknya prosesor bekerja sehingga menyebapkan system idle process 99%.
banyak yang mencoba menghubungkan system idle process tinggi disebapkan pemakaian ram/memori yang berlebih atau ada juga yang mengatakan ram kurang.tapi setelah ganti ram/memori ternyata tetap saja system idle prosess tinggi.
bagaimana cara melihat berapa besar system idle prosess dikomputer/laptop kita??
berbagai macam cara dan software yang bisa melihatnya selain bawaan windows task manager.diantaranya :

1. process explorer : fungsi process explorer untuk melihat proses yang bekerja pada cpu,disini kita dapat bagaimana sibuknya sistem cpu kita bekerja.dengan program ini kita bisa melihat program apa saja yang bekerja extra.untuk programnya bisa anda download di sini
untuk mengurutkannya program yang menggunakan kinerja cpu,kita tinggal mengclick cpu/working set. program ini juga bisa membunuh proses virus komputer,dengan mengklik kanan program yang dicurigai sebagai virus kemudian memilih kill untuk menghentikan prosesnya.tapi pada umumnya virus tidak dapat begitu saja dengan proses ini.malah untuk virus lokal rata rata memblokir program process explorer.
process explorer untuk mengetahui proses cpu
Process explorer


2. Dtask manager fungsinya boleh dikatakan sama dengan process explorer,tapi ada yang saya suka dengan dtask manager di antaranya dapat mengetahui port yang terbuka. dengan ini kita bisa mengetahui koneksi internet yang yang berjalan di background.terutama untuk virus,dan juga program2 yang melakukan update otomatis yang bisa membuat internet lambat dan menghabiskan quota internet.kelebihan lainnya program ini juga bisa menggantikan task manager dari windows.jadi ketika anda menekan tombol ctrl+alt+delete yang keluar Dtask manager bukannya program bawaan windows. program ini bisa anda download di sini

Banyak program/aplikasi yang menguras kerja prosesor diantaranya game 3D, program design, termasuk juga firefox. Untuk mengetahui borosnya firefox, anda bisa membaca artikel saya Review Firefox yang membuat komputer,netbook,laptop lambat.

Di artikel  System idle process 99% ini saya tidak membahas secara mendalam bagaimana solusi untuk mengatasinya.di artikel mendatang akan saya akan menulis artikel tentang solusi yang mungkin bisa dilakukan untuk mengatasi sytem idle proses tinggi.jangan kemana mana tetap pantau blog tambelan kepri.
terima kasih telah berkunjung.

6 comments:

  1. Nice post, sangat berguna. Salam.

    ReplyDelete
  2. semoga berguna buat pengguna windows :P

    ReplyDelete
  3. I don’t know how should I give you thanks! I am totally stunned by your article. You saved my time. Thanks a million for sharing this article.

    ReplyDelete
  4. Great article, Thanks for your great information, the content is quiet interesting. I will be waiting for your next post.

    ReplyDelete
  5. Hey keep posting such good and meaningful articles.

    ReplyDelete
  6. Nice post, things explained in details. Thank You.

    ReplyDelete

Popular Posts

Copyright © 2013 Tambelan Kepulauan Riau Blog | Partner Pathmo Media And Oto News